Breaking

Thursday, May 4, 2017

Manfaat dan Keutamaan Sholat Subuh Berjamaah di Masjid

Manfaat dan Keutamaan Sholat Subuh Berjamaah di Masjid


Manfaat dan Keutamaan Sholat Subuh Berjamaah di Masjid - Shalat Subuh memiliki manfaat dan keutamaan yang luar biasa bagi siapa saja yang melaksanakannya secara rutin setiap hari. 

Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam bersabda "Berpagi-pagilah kalian dalam menunaikan Shalat Subuh karena itulah pahala yang paling mulia." (H.R Tarmizi).

Shalat berjamaah (bagi kaum lelaki) lebih utama dari shalat salah seorang kamu yang sendirian, berbanding dua puluh tujuh kali lipat.

"Malaikat penjaga malam dan siang berkumpul pada waktu shalat Subuh.Kemudian naiklah para Malaikat yang menyertai kamu pada malam harinya, lalu Rabb mereka bertanya kepada mereka, padahal Dia lebih mengetahui keadaan mereka. "Bagaimana hamba-hambaKu ketika kalian tinggalkan?". Mereka menjawab, "Kami tinggalkan mereka dalam keadaan shalat dan kami jumpai mereka dalam keadaan shalat juga"." (H.R Al-Bukhari)

Pemimpin yahudi pernah bilang kalau bangsa yahudi akan takut sama Islam kalau jumlah muslim yang shalat subuh berjamaah di mesjid jumlahnya sama kayak jumlah umat muslim ketika shalat jumat. 

Batas kita dengan orang-orang munafiq adalah menghadiri sholat isya dan subuh, sebab orang-orang munafiq tidak sanggup menghadiri kedua sholat tersebut.
Sholat terberat bagi orang-orang munafiq adalah sholat isya dan subuh. Padahal seandainya mereka tahu pahala pada kedua sholat tersebut, tentu mereka akan mendatanginya walaupun harus merangkak.

Nabi Muhammad SAW pun pernah mengucapkan kalau umat muslim tau keistimewaan dan keutamaan shalat berjamaah subuh, mereka pun akan rela untuk merangkak ke mesjid. "Sesungguhnya shalat yang paling berat dilaksanakan oleh orang-orang munafik adalah shalat isya dan shalat subuh. Sekiranya mereka mengetahui keutamaan keduanya, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak." (H.R. Bukhari no. 657 dan Muslim no. 651)

Mengapa Yahudi takut pada banyaknya jamaah pada subuh? Tentu saja, Karena sholat subuh adalah indikator kesadaran dalam berislam.

Untuk itu mari biasakan  untuk tidak melewatkan sholat subuh berjamaah di masjid, ketika di mesjid-mesjid terdengar suara kumandang adzan subuh,  "ash shalaatu khairun minan naum",(" shalat itu lebih baik dari pada tidur"), panggilan itu yang mengajak kita meninggalkan tempat tidur untuk segera beribadah sholat subuh. Dan secepatnya kita bangun untuk menjalankan perintah Allah SWT dengan melaksanakan sholat subuh berjamaah.

Ikhwafillah, keutamaan sholat subuh tersirat dalam hadist nabi :

"Berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang banyak berjalan dalam kegelapan (waktu Isya' dan Subuh) menuju masjid dengan cahaya yang sangat terang pada hari kiamat". (H.R Abu Dawud, At-Tarmidzi dan Ibnu Majah)

Barangsiapa melaksanakan sholat subuh, maka ia berada dalam jaminan Allah, maka jangan sampai Allah menarik kembali jaminan-NYA kepada kalian dengan sebab apapun. Karena siapa yang Allah cabut jaminan-NYA darinya dengan sebab apapun, pasti akan tercabut. Kemudian Allah akan telungkupkan wajahnya dalam neraka jahanam.

"Barang siapa yang menunaikan shalat Subuh maka ia berada dalam jaminan Allah. Shalat Subuh menjadikan seluruh umat berada dalam jaminan, penjagaan, dan perlindungan Allah sepanjang hari. Barang siapa membunuh orang yang menunaikan shalat Subuh, Allah akan menuntutnya, sehingga Ia akan membenamkan mukanya ke dalam neraka". (H.R Muslim, At-Tarmidzi dan Ibnu Majah)

Oleh karena itu wahai para pemuda yang takut dirinya terkena fitnah godaan wanita, mulailah harimu dengan sholat subuh, niscaya engkau berada dalam lindungan Allah.

Wahai saudaraku yang menghawatirkan anak-anaknya kelak masuk neraka lakukanlah sholat subuh, perintahkan keluargamu untuk melaksanakanya, niscaya engkau dan anak-anakmu akan berada dalam jaminan Allah.

Wallahu'alam. 

Dari berbagai sumber.. 

No comments:

Post a Comment